news

Faktor-faktor pembentuk peradaban

Tuesday, December 17, 2013, Tuesday, December 17, 2013 WAT
Last Updated 2021-06-24T17:14:31Z

Taukah kamu?? Jika setiap peradapan yang telah terkenal dan melegenda seperti peradapan yunani kuno, mesir kuno, romai dan peradapan lainnya, ternyata ada faktor-faktor pembentuk peradaban itu, faktor pembentuk peradapan iji kemudian akan mempengaruhi tumbuh kembangnya suatu peradaban itu sendiri. Sebuah peradaban mulai berkembang di saat manusia mampu keluar dari ketakutan dan instabilitas yang melingkupi hidupnya, karena di saat manusia merasa bahwa dia berada dalam waktu dan tempat yang aman, maka seluruh potensi yang dimilikinya akan diarahkan pada usaha untuk memahami hidup dan mengembangkannya. Oleh karena itulah, sebuah suku yang hidup secara berpindah-pindah (nomaden) tidak mampu membangun sebuah peradaban.

Jika faktor-faktor pembentuk peradapan ini tersedia dengan baik, sebuah peradaban akan dapat tumbuh dan berkembang. Tapi, apabila faktor pembentuk peradaban ini tidak lagi tersedia, maka pertumbuhan peradaban tersebut akan terhenti, bahkan bisa jadi punah. Berikut ini akan kita bicarakan faktor-faktor utama pembentuk peradaban tersebut secara ringkas.  


1. Faktor-faktor geologis 

Pertumbuhan peradaban manusia sangat ditentukan oleh kondisi geologis kulit bumi, baik bagian luar maupun bagian dalam. Pada Zaman Es (Glacial Epoch / Ice Age), misalnya, di saat permukaan bumi hanya menyisakan sedikit ruang bagi manusia untuk bergerak, peradaban manusia belum tumbuh. Kesuburan tanah dalam hal ini sangat menentukan tumbuh berkembangnya peradaban. Demikian juga kekayaan yang dikandung oleh perut bagian bumi yang dihuni oleh satu etnis, terutama setelah manusia memiliki cukup kemampuan untuk mengeksploitasi dan mengeksplorasi kekayaan tersebut. Pergeseran kulit bumi bagian dalam pun juga sangat menentukan hidup matinya sebuah peradaban, karena pergeseran ini apabila terjadi secara drastis cukup untuk menjadi sebab hancurnya sebuah peradaban.

Intinya, perkembangan sebuah peradaban mensyaratkan adanya tanah yang subur untuk lahan pertanian dan atau barang tambang yang dikandung oleh perut bumi, selain juga mensyaratkan amannya daerah tempat peradaban tersebut tumbuh dari bahaya gempa bumi yang melanda sewaktu-waktu.

zaman es
zaman es

  2. Faktor-faktor geografis 

Yang dimaksud dengan faktor geografis ini mencakup suhu udara, iklim, curah hujan, posisi suatu daerah dari jalur perdagangan dunia, dan lain-lain. Daerah dengan suhu udara yang terlalu panas, atau banyak ditumbuhi parasit, tidak kondusif bagi tumbuh-berkembangnya suatu peradaban. Demikian juga daerah yang tersebar di dalamnya berbagai macam penyakit, karena pada saat itu seluruh kemampuan yang dimiliki oleh penduduknya diarahkan untuk sekedar bertahan hidup dan menjaga keturunan, tanpa tersisa sedikit pun energi untuk mengembangkan bidang pemikiran dan seni.

Curah hujan dalam juga merupakan faktor yang sangat dominan, karena air adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam hidup, bahkan bisa jadi lebih penting dari cahaya matahari sekali pun. Perubahan suhu global yang melanda bumi, yang berimbas pada perubahan curah hujan, sangat berpengaruh bagi hidup-matinya sebuah peradaban. Sebuah peradaban yang dulu berkembang pesat bisa hancur dan punah disebabkan karena langit tak lagi meneteskan air, seperti yang dialami oleh Peradaban Mesopotamia.



peradaban mesopotamia
Peradaban Mesopotamia

3. Faktor-faktor ekonomi 

Faktor ekonomi bagi pertumbuhan sebuah peradaban bisa dikatakan lebih penting jika dibandingkan dengan dua faktor yang lebih dahulu disebut. Sebuah suku bisa jadi memiliki institusi sosial yang teratur, undang-undang moral yang tinggi, dan bahkan beberapa bentuk seni sederhana, seperti halnya suku Indian di Amerika. Tapi semua itu cukup bagi mereka untuk mengembangkan peradabannya selama mereka masih bersandar dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dari berburu dan meramu. Suku Badui yang ada di jazirah Arab, contoh lain, boleh jadi memiliki nilai-nilai moral yang mulia, seperti keberanian, kesetiaan, dan lain-lain. Tapi selama itu hanya digunakan untuk berburu dan berdagang, maka nilai-nilai tersebut tidak akan banyak membantu pertumbuhan peradaban yang mereka miliki. 

peradaban suku indian
peradaban suku indian

4. Faktor-faktor immaterial 

Tiga faktor pembentuk peradaban yang telah disebutkan tadi yakni faktor pembentuk peradaban ekonomi, faktor pembentuk peradaban geoligis dan faktor pembentuk peradaban geografis digolongkan kedalam satu kesatuan dari faktor pembentuk peradaban secara material. faktor pembentuk peradaban secara material ini tidak cukup dengan sendirinya untuk membangun sebuah peradaban, karena peradaban bukanlah sesuatu yang terlahir dari kekosongan. Oleh karena itu, lahir dan berkembangnya sebuah peradaban sangat ditentukan juga oleh tersedia atau tidaknya faktor-faktor immaterial.

Faktor pembentuk peradaban secara immaterial ini seperti pendidikan (ilmu yang telah berkembang atau dicapai pada masa itu), peraturan-peraturan bahasa yang digunakan, kebudayaan, dan moral. Faktor pembentuk peradaban secara immaterial dari sisi moral misalnya yang mengikat antara satu individu dengan individu yang lain, sehingga tercipta dalam kehidupan sebuah aturan yang diakui keberadaannya oleh semua anggota masyarakat. Nilai-nilai moral inilah yang membuat perilaku masyarakat menjadi lebih teratur dan terarah pada satu tujuan yang sama. 

piramida
Piramida

 
Piramida   merupakan salah satu bukti nyata adanya peninggalan dari peradaban mesir kuno yang telah berkembang pesat pada masanya. dapat dibayangkan ketika pada masa itu peradaban mesir kuno ini sudah terfikir dan bisa membuat suatu bangunan yang unik seperti piramida ini. Inilah yang disebut sebagai faktor pembentuk peradaban dari segi immaterial.


TrendingMore