Cerita Wisatawisata alamwisata alam inhuwisata di inhu

Cerita Wisata, Perjalanan Ke Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

Thursday, August 26, 2021, Thursday, August 26, 2021 WAT
Last Updated 2021-08-30T17:33:07Z

 

TNBT
Rombongan GENPI INHU Berfoto di Depan Gerbang TNBT

Pagi itu, Senin (17/08/2021) saya bersiap – siap mempersiapkan segala kebutuhan untuk pergi melakukan kegiatan Camping sekaligus Peringatan HUT RI k3 76 di salah satu tempat destinasi Wisata Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

Dari informasi yang di tulis di group Whatsapp, dikatakn bahwa seluruh peserta yang tergabung dalam kegiatan , untuk menunggu di titik point yang telah ditentukan, pada hari Senin (17/08/2021) sekitar Pukul 15.00 wib

GENPI INHU
GENPI INHU


Segala perlengkapan saya siapkan, kamera, power bank, tenda, pakaian serta perlengkapan yang sekiranya diperlukan selama camping di TNBT. Setelah semuanya saya rasa cukup, kemudian saya melangkah menuju kendaraan sepeda motor saya, dengan mengucap bismilah, saya hidupkan kendaraan sepeda motor, sambil berdo’a dalam hati, semoga perjalanan kali ini lancar tidak ada halangan, selamat sampai ke lokasi kegiatan di TNBT.

Sejenak saya singgah di salah satu teman saya, yang sebelumnya memang sudah saya ceritakan mengenai acara camping di TNBT ini, diapun tertarik dan bersedia untuk ikut serta dalam kegiatan camping di TNBT.

Pukul 10.00 wib,saya berangkat berdua dengan teman saya, mengendari sepeda motor menuju ke lokasi titik point yang telah ditentukan. Walau kemungkinan kami akan datang terlalu cepat, tapi toh tidak masalah, karena saya berfikir “lebih baik datang lebih cepat, agar dalam perjalanan tidak terburu –buru dan bisa santai di tempat sambil menunggu yang lainnya datang.

TNBT
Keseruan Wisata Ke TNBT


Hampir 3 jam perjalanan, sekitar Pukul 11.30 wib, kami sampai di lokasi titik point yang telah ditentukan, Simpang granit. Memang benar, ternyata disana belum terlihat satupun orang yang menunggu, atau seseorang yang terlihat duduk sambil membawa perlengkapan untuk camping.

“sepertinya saya harus menunggu sampai yang lainnya datang”. Sambil menunggu, kami membuka bekal nasi yang teman saya bawa dari rumah. Memang sudah hampir tengah hari, dan perut pun sudah agak sedikit keroncongan.

Kamipun sengaja mencari tempat teduh di bawah pepohonan yang tak jauh dari lokasi titik point tempat berkumpul, untuk segera menyantap makan siang kami.

Setelah selesai makan, sambil beristirahat menikmati sebatang rokok, tiba – tiba hujan turun mengguyur, wah basah kuyup nih kalau lama – lama disini. Tanpa berfikir panjang, saya mengajak teman saya untuk segera beranjak dari tempat ini.

Tampak dari kejauhan sebuah warung makan, nah itulah tujuan ku, sambil menunggu yang lain datang, lebih baik menunggu sambil menikmati secangkir kopi di warung tersebut.

Sudah lebih 3 jam menunggu, akhirnya tampaklah seseorang wanita berjalan sambil membawa ransel gunung dan perlengkapan camping. “wah, itu pasti peserta camping yang lainnya, saya berkata dalam hati.

Kemudian saya datang menghampiri, dan benar saja. Ternyata dia tidak sendirian, tapi bersama 2 orang teman cewek lainnya. Perasaan senang karena peserta kegiatan Camping sekaligus Peringatan HUT RI k3 76 di salah satu tempat destinasi Wisata Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) sudah mulai berdatangan.

Pukul 16.00 wib hujan semakin deras mengguyur, namun satu persatu peserta yang lainnya mulai berdatangan. Setelah hujan reda, kami berjumlah sekitar 14 orang dengan 7 kendaraan sepeda motor, mulai berjalan memasuki jalan menuju lokasi kegiatan Camping sekaligus Peringatan HUT RI k3 76 di salah satu tempat destinasi Wisata Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) merupakan suatu kawasan areal konservasi. Dengan wilayah cakupan yang sangat luas, wilayah TNBT ini berada di daerah pedalaman yang memiliki ketinggian lokasi yang sangat tinggi.

GENPI INHU
GENPI INHU : Berfoto Di Depan Camp Granit


Jalan tanah, licin dan berlumpur kami lalui, belum lagi tingginya tanjakan dan curamnya penurunan, menjadi tantangan bagi kami untuk melewatinya. Terkadang Kami terpaksa mendorong sepeda motor, karena kendaraan tidak mampu menaiki tanjakan yang tinggi, dan juga roda kendaraan terpuruk dikarenakan licinnya jalan yang kami lalui.

Sampai pada suatu penurunan yang agak curam dan panjang, salah satu kendaraan rekan kami tergelincir dan terjatuh. Aku segera datang membantu dan menolongnya, beruntung tidak terjadi luka dan hal- hal yang tidak di inginkan.

Akhirnya perjalanan kami mulai memasuki wilayah areal Taman Nasional Bukit Tigapuluh, hal itu dilihat dari adanya sebuah gapura, yang menandakan wilayah TNBT dan wilayah milik masyarakat.

Tidak ingin ketinggalan momen, kamipun berfoto- foto tepat di depan gapura selamat datang milik TNBT tersebut.

Gerbang TNBT
Gerbang TNBT


Hari mulai gelap, lampu kendaraanpun kami nyalakan, agar bisa menerangi jalan yang kami lewati. Udara semakin bertambah sejuk dan dingin. Ini pengaruh dari cuaca huan yang dari tadi mengguyur, ditambah lokasi jalan yang kami lewati memasuki wilayah perbukitan yang tinggi diantara bukit – bukit lainnya, sehingga suhu udara semakin dingin.

Camp Granit, suatu tempat yang berada di wilayah TNBT, merupakan kantor bagi petugas Balai Konservasi Nasional Bukit Tigapuluh. Terdapat beberapa bangunan gedung di Camp Granit. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, sehingga pemandangan yang ada di depan gedung camp granit berupa jejeran perbukitan yang indah dengan hijaunya pepohonan yang masih alami dan terjaga kelestariannya.

Camp Granit
Camping  Di Depan Cam Granit


Akhirnya setelah melewati jalan yang licin, mendaki dan menurun. Kami sampai juga di lokasi Camp Granit ini, tempat diadakannya kegiatan Camping sekaligus Peringatan HUT RI k3 76 di salah satu tempat destinasi Wisata Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

Perjuangan kami menuju lokasi akhirnya terbayar dengan rasa takjub akan keindahan yang ada di lokasi Camp Granit ini. Kami bisa melihat deretan perbukitan, suasana hutan dan pepohonan yang sangat terjaga kelestariannya, ditambah lagi dengan udara yang sejuk dan segar, mengobati rasa capek kami selama perjalanan.

Camp Granit
Foto Seluruh Peserta dengan Latar Belakang Keindahan TNBT


Setelah beristirahat, menunaikan ibadah sholat dan makan malam, kamipun mulai memasang tenda di halaman depan Camp Granit, menghabiskan malam bersama teman- teman sembari menikmati keindahan susanan alam di Areal TNBT, menunggu fajar terbit ke esokkan harinya untuk mulai mengikuti kegiatan Upacara HUT RI Ke 76.

 

 

 

 

 

TrendingMore